Senin, 18 Februari 2013

    Keadaan air kita pada saat ini

    Potret Aliran Kehidupan Perspektif
    Masa Kini
    Jumlahnya yang melimpah ruah membuai kita agar memudarkan kesadaran kita untuk menghargainya. Namun siapa sangka, keberadaannya yang tak terbatas itu tak menjamin kehidupan kita bila melupakan hal penting yang membuatnya tetap melimpah.
     
           Air merupaakn suatu yang lumrah dikatakan sebagai salah satu sumber daya alam yang jumlahnya melimpah dan tak terbatas namun sangat dibutuhkan oleh semua makhluk dalam kehidupannya, tak terkecuali manusia. Berguna dan bermanfaat merupakan sifat air yang memang terjadi karena disetiap kehidupan kita pastilah membutuhkan air. Tak hanya dalam kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan pun sama-sama membutuhkan air seperti kita untuk kelangsungan hidupnya. Fungsi air dalam kehidupan kita begitu banyak. Mandi, minum, mencuci, dan sebagai bahan pelarut zat merupakan sebagian kecil dari manfaat yang diberikan air. Masih banyak fungsi air yang dapat kita manfaatkan karena air memang sangat berharga dalam kehidupan kita.

              Bumi kita terdiri atas 71% air yang sebagian besar merupakan air asin, lalu sisanya air tawar dan air payau. Itu merupakan salah satu faktor pendukung bahwa air merupakan sumber daya alam yang tak akan ada habisnya, alias tak terbatas. Walaupun dikatakan bahwa air di bumi tidak terbatas, tetapi manusia hanya dapat menggunakan air tawar dalam kehidupannya sehari-hari. Manusia tidak dapat meminum air asin maupun air payau karena tidak sesuai dengan tubuh manusia. Air laut yang asin juga tidak dapat digunakan untuk kegiatan mandi dan mencuci baju, maka dari itu air tawar bersihlah yang berguna dalam kehidupan manusia, hewan, juga tumbuhan.
            Namun di Indonesia, air tawar yang bersih mulai menjadi barang langka. Pasalnya kini banyak sumber mata air yang kering akibat banyaknya saluran pipa air yang menyedot air bersih dari dalam tanah sehingga banyak dari wilayah Indonesia yang kini mulai mengalami krisis air akibat hal ini. Sumber air dari PDAM pun kini tak menjamin kebersihan air karena akhir-akhir ini, banyak masyarakat yang mengeluh tentang air yang keluar dari keran air berwarna kecokelatan dan kadang bercampur dengan pasir. Penyebabnya tak jauh dari masyarakat pula yang membuang sampah serta pabrik-pabrik besar yang menyalurkan limbah ke sungai dan menyebabkan kian menipisnya pasokan air bersih di Indonesia. Air yang kotor tidak dapat digunakan untuk apapun, dan kini air bersih mulai menjadi hal yang langka. 
             Sebagian besar masyarakat masih belum sadar akan pentingnya keberadaan air yang semakin lama semakin menipis. Masih banyak yang beranggapan bahwa air bisa didapatkan kapan saja dan dengan pemikiran seperti itu, banyak pula orang-orang yang menggunakan air berlebihan alias boros air serta mengabaikannya. Tindakan yang tidak menghargai air tersebut akan berdampak nanti setelah air bersih benar-benar punah dan semua orang akan akan mengalami hidup yang begitu sulit dimana daratan kering kerontang tanpa adanya tumbuhan yang hidup, suhu bumi begitu panas, dan tidak ada turunnya hujan, sehingga air sangat dicari dan menjadi barang yang lebih penting daripada intan.
            Coba bayangkan, jika air bersih sudah benar-benar habis karena disedot untuk kebutuhan umat manusia, maka dimana lagi kita bisa mendapatkan air ? Bagaimana jadinya bila kita hidup tanpa menggunakan air ? Apakah ada alat yang bisa menciptakan air bersih ? Namun sebelum berfikir untuk mencitakan alat tersebut, alangkah baiknya bila kita mencegah air bersih semakin langka.

               Cara ampuh untuk mencegah kepunahan air dapat kita praktekan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu sadar untuk menghargai air dengan tidak boros menggunakan air, tidak membuang sampah ke selokan atau ke sungai, dan tidak mengotori mata air. Peran pemerintah setempat juga diperlukan untuk lebih mendisiplinkan masyarakatnya agar peduli dan menghargai air dengan menerapkan aturan sistem tebang pilih juga reboisasi.
    Dengan cara itu saja, kita dapat menyelamatkan air dari kepunahan dan ingatlah, air yang ada saat ini adalah air yang akan kita wariskan kepada anak cucu kita. Air tidak hanya digunakan saat ini saja, tetapi untuk generasi mendatang dan untuk masa depan kita bersama. Maka dari itu, jagalah kelestarian air karena air merupakan sumber daya alam yang sangat berharga dan sayang untuk disia-siakan.


    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar

    Sample Text

    Blogger templates

    Diberdayakan oleh Blogger.

    Social Icons

    Sample Text

    aku adalah anak smk

    Featured Posts